Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022

Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2022 dilaksanakan di halaman sekolah SDN 1 Besuki,

Seperti diketahui, Hari Sumpah Pemuda adalah peringatan kongres Sumpah Pemuda tanggal 27-28 Oktober 1928. Kongres itu menghasilkan sumpah para pemuda di Indonesia tentang semangat persatuan dan rasa cinta terhadap tanah air.

Sejarah Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober
Dilansir situs Museum Sumpah Pemuda Kemdikbud, peringatan Hari Sumpah Pemuda berawal dari Kongres Pemuda yang digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI).

Kongres tersebut dihadiri oleh organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Kongres Pemuda yang dilaksanakan dua kali, yaitu tanggal 27 Oktober dan 28 Oktober 1928. Berikut informasinya:

1. Kongres Pertama (27 Oktober 1928)
Kongres pertama pada tanggal 27 Oktober 1928 dilaksanakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Rapat ini bertujuan untuk memperkuat semangat persatuan para pemuda.

Pada kongres yang sama, Moehammad Jamin menyampaikan arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

2. Kongres Kedua (28 Oktober 1928)
Kongres kedua berlangsung di Gedung Oost-Java Bioscoop pada Minggu, 28 Oktober 1928 untuk membahas masalah pendidikan. Dua tokoh Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, serta keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah.

Kemudian, Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Tokoh Ramelan juga mengatakan bahwa gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional, di mana gerakan kepanduan mendidik anak-anak sejak dini untuk bersikap disiplin dan mandiri.

Isi Sumpah Pemuda 28 Oktober
Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga identik lahirnya naskah Sumpah Pemuda 28 Oktober. Bagaimana isinya? Simak poin-poin di bawah ini.

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.